pages

News Update :

electronik

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Tuesday, April 30, 2013

Mencegah Hardisk Bad Sector
Bad sector yang terjadi pada hardisk bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah karena PSU atau power supply yang tidak bagus, arus listrik dari PLN yang naik turun dan tidak stabil, komputer sering mati mendadak entah karena listrik yang mati atau di shutdown langsung melalui tombol di casing dan lain-lain.

Untuk mencegah hardisk terkena bad sector, anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Gunakan PSU yang berkualitas baik, Usahakan menggunakan PSU yang memiliki sertifikasi pure power. Jika listrik sedang mati atau tidak stabil, usahakan anda menggunakan UPS atau stabilizer yang berkualitas.
  2. Menjaga Suhu Casing, Panas juga merupakan salah satu musuh pada komponen komputer, termasuk hardisk. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kondisi casing dan area sekitarnya memiliki sirkulasi udara yang cukup agar hawa panas tidak terjebak di dalam casing. Tambahkan kipas pendingin jika memang diperlukan. Penggunaan kabel yang baik juga berpengaruh terhadap trasfer data.
  3. Minimalkan Listrik Statis, Jika anda tersetrum saat menyentuh komputer berarti anda harus melakukan pencegahan dengan membuat ground berupa kabel yang disambungkan dengan paku yang telah terpasang pada tembok atau tanah. Lakukan dengan hati-hati dalam kondisi komputer sedang dimatikan. 
  4. Hindarkan Dari Goncangan, Letakkan posisi casing anda pada posisi yang aman sehingga terhindar dari tersenggol yang tidak disengaja terutama saat komputer pada kondisi menyala. Ketika komputer dipindah pada jarak yang jauh, lepas saja hardisknya dan tempatkan pada posisi yang aman dari goncangan dan kemudian baru dipasang lagi saat sampai di tempat tujuan anda.
Kurang lebih empat hal diatas adalah yang utama untuk dilakukan agar hardisk anda lebih awet dan terhindar dari bad sector.
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Harga spesifikasi Beli 2014 - 2016 | Design by NOV Brian Ary Ansyah | Published by rego pasar | Powered by Blogger.com.